Gambaran Umum IELTS

Published by Linguatara on

to read the book, library, reading room-2784895.jpg

Oleh Eka Herdiana Susanto

IELTS atau International English Language Test System adalah salah satu tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang sertifikasinya dapat digunakan secara internasional. Soal-soal pada IELTS terdiri dari empat bagian, yakni Listening, Reading, Writing, dan Speaking.

Listening terdiri dari 4 sesi dengan total 40 soal dan waktu pengerjaan 30 menit. Tipe soalnya adalah berupa jawaban pertanyaan dan isian bagian rumpang dalam bentuk rangkuman teks, tabel, peta, cara pembuatan suatu hal, atau lain sebagainya, yang jawabannya biasanya tidak akan lebih dari 3 kata.

Reading terdiri dari 3 sesi atau 3 teks dengan total 40 soal dan waktu pengerjaan 60 menit. Tipe soalnya adalah berupa mencocokkan topik paragraf (matching heading) atau informasi dengan ahlinya (matching information), isian bagian rumpang dalam bentuk rangkuman atau teks prosedural, dan mencocokkan pernyataan pada soal dan kalimat pada teks (True, False, Not Given dan Yes, No, Not Given).

Writing terdiri dari 2 sesi dengan total 2 soal dan waktu pengerjaan 60 menit. Sesi 1 atau Writing 1 berupa grafik, tabel, atau diagram yang harus dijelaskan minimal 150 kata dalam waktu 20 menit. Sesi 2 atau Writing 2 berupa opini mengenai sebuah pernyataan yang harus dijelaskan minimal 250 kata dalam waktu 40 menit. Terkadang , pembagian waktu ini tidak saklek dilakukan oleh peserta.

Speaking terdiri dari 3 sesi atau bagian dengan total 3 soal dan waktu tidak lebih dari 15 menit. Pertanyaan pada bagian pertama adalah seputar hal-hal yang sangat ringan seperti informasi diri, pekerjaan, tempat tinggal, studi, waktu luang, buku, dan lainnya yang dilakukan dalam dua arah, yakni wawancara. Pertanyaan pada bagian kedua biasanya akan berkaitan dengan bagian 1 atau bagian 3. Peserta akan diberikan cue card tentang sebuah topik dengan beberapa poin yang dapat dijadikan guideline untuk berbicara. Bagian kedua ini bukan wawancara, tetapi monolog dengan waktu sekitar 2 menit yang mana sebelumnya peserta akan diberikan waktu 1 menit untuk membuat kerangka bicara. Bagian ketiga adalah wawancara yang lebih luas mengenai topik yang dibicarakan pada bagian kedua. Pada bagian ini, pertanyaan yang diajukan oleh pewawancara akan berkaitan dengan jawaban yang diberikan dan diperluas pada wilayah lokal, nasioal dan bahkan internasional. Hal ini tentu saja untuk melihat wawasan yang dimiliki oleh peserta. Rubrik penilaiannya ada empat, yakni fluency and coherence (pemilihan ide jawaban dan ide pendukungnya saling berkaitan), lexical resources (penggunaan kosakata yang sesuai dengan standar IELTS, bukan seperti percakapan biasa), grammar (tata bahasa dan perpindahan penggunaan tenses), dan pronunciation (ejaan). Jika keempatnya memiliki nilai yang sempurna, maka nilainya adalah 9. Namun, rentang skornya sendiri adalah 1-9.  

Bagaimana sobat Linguatara? Sudah siap untuk ikut tes IELTS? Mari persiapkan diri dengan baik. Untuk persiapan yang mumpuni bisa juga ikuti kursus online di Linguatara!