TOEIC sebagai Kunci Gerbang Masa Depan

Published by Linguatara on

conference, workshop, iphone-3677032.jpg

Oleh Eka Herdiana Susanto

TOEIC atau Test of English for International Communication adalah salah satu dari beberapa jenis tes yang mengukur kemampuan bahasa Inggris yang mana sertifikatnya diakui secara internasional. Jika dibandingkan dengan TOEFL dan IELTS, TOEIC memiliki ruang lingkup yang lebih sempit. Maksudnya, TOEIC memang didesain untuk mengukur kemampuan berkomunikasi peserta di dunia pekerjaan, khususnya dunia bisnis yang bertaraf internasional. Maka dari itu, di Indonesia, tes ini biasanya dilakukan oleh siswa SMK untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di dunia kerja.

TOEIC menggabungkan empat keahlian berbahasa dalam 2 sesi, yakni Listening-Reading dan Speaking-Writing. Sesi pertama dibagi menjadi 2 bagian juga, yakni menjawab pertanyaan tentang sejumlah topik selama 2 jam dan kemudian menjawab pertanyaan tentang informasi personal selama 30 menit yang dilakukan dengan menggunakan kertas dan pulpen. Pembagiannya adalah menjawab 100 soal pilihan ganda pada bagian Listening dalam waktu 45 menit. Tipe soalnya berupa monolog dan dialog mengenai suatu hal mulai dari topik yang ringan ke yang kompleks. Kemudian, peserta menjawab 100 soal pilihan ganda juga pada bagian Reading dalam waktu 75 menit. Tipe soalnya berupa isian bagian rumpang dari kalimat dan paragraf, serta kesimpulan peserta dalam membaca sebuah teks.

Sesi kedua dibagi dalam 2 bagian yang dilakukan secara online di tempat tes resminya. Sesi pertama adalah Speaking dengan waktu pengerjaan 20 menit. 11 pertanyaan akan disampaikan dalam bentuk membaca teks dengan lantang, mendeksripsikan beberapa gambar, menjawab pertanyaan, merespon pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan, memberikan solusi pada suatu pertanyaan yang dikemas dalam bentuk masalah, dan memberikan pendapat mengenai sebuah topik. Penilaiannya untuk pertanyaan 1-4 memiliki rentang nilai 0-3, sedangkan untuk pertanyaan 5-6, rentang nilainya dalah 0-5. Bagian kedua adalah Writing yang mana peserta akan diberi waktu 6 menit untuk menjawab 8 pertanyaan dengan menulis. Pertanyaan 1-5 akan berkaitan dengan deskrpisi gambar-gambar yang telah disediakan. Pertanyaan 6 dan 7 berkaitan dengan respon terhadap email, sebagaimana yang sering diakukan di dunia bisnis. Pertanyaan terakhir adalah penulisan esai sekitar 300 kata tentang opini suatu topik. Rentang nilainya pun berbeda, yakni 0-3 untuk pertanyaan 1-5, 0-4 untuk pertanyaan 6 dan 7, dan 0-5 untuk pertanyaan terakhir.

Jika diakumulasikan, nilai tertinggi TOEIC adalah 990 dengan kategori Advanced dengan kode C1 dengan tujuan mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dalam dunia bisnis secara internasional. Di bawah Advanced, ada Upper Intermediate (B2), Intermediate (B1), Elemenetay (A2), dan Beginner (A1). Untuk dunia kerja, batas paling bawah nilai TOEIC adalah 605. Namun, tetap saja, perusahaan menuliskan standar sesuai dengan keinginan mereka, yakni tidak lebih dari 785 yang artinya peserta memiliki kemampuan di dunia kerja (working proficiency).

Untuk mempersiapkan kemampuan bahasa Inggris di ruang lingkup kerja, silakan pilih berbagai program khusus percakapan bahasa Inggris dan business English di Linguatara!